Sistem Informasi & Pengendalian Internal
Toharudin
Prof.Dr.Hapzi Ali, CMA
Penjelasan Jenis – jenis Sistem
Informasi
· Sistem Pendukung Operasi – suatu sistem
yang dibutuhkan untuk dukungan dalam operasi bisnis. Dalam sistem ini akan
dihasilkan berbagai produk informasi yang paling dapat digunakan oleh para
manajer. Berikut adalah peran yang terdapat dalam sistem pendukung operasi :
o
Sistem
pemrosesan transaksi – memproses data yang dihasilkan dari transaksi bisnis
seperti mempebaharui database operasional dan menghasilkan dokumen bisnis.
o
Sistem
pengendalian proses – untuk mengawasi dan mengendalikan berbagai proses
industrial.
o
Sistem
kerja sama perusahaan – mendukung komunikasi dan kerja sama tim, kelompok kerja
dan perusahaan.
· Sistem Pendukung Manajemen –
merupakan aplikasi sistem informasi yang berfokus pada penyediaan informasi dan
dukungan untuk pengambilan keputusan yang efektif oleh para manajer. Berikut
adalah jenis utama sistem informasi mendukung berbagai tanggung jawab
pengambilan keputusan :
o
Sistem
Informasi Manajemen (SIM) – memberikan informasi dalam bentuk laporan yang
telah ditentukan sebelumnya untuk mendukung pengambilan keputusan bisnis.
o
Sistem
Pendukung Keputusan (Decision Support System – DDS) – memberikan dukungan
interaktif khusus untuk proses pengambilan keputusan para manajer dan praktisi
bisnis lainnya.
o
Sistem
Informasi Eksekutif (Executive Information System – EIS) – memberi informasi
penting dari SIM, DSS dan sumber lainnya yang dibentuk sesuai kebutuhan
informasi para eksekutif.
Manfaat Sistem Informasi dalam
Pengendalian Internal
Pengendalian internal merupakan bagian integral
dari sistem informasi. Adapun manfaat sistem informasi dalam pengendalian
internal, antara lain:
· Menjaga agar kekayaan
organisasi/perusahaan dilakukan dengan baik.
· Memastikan ketelitian dan kewajaran
data-data yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipertanggungjawabkan.
· Dipatuhinya kebijakan manajemen
dalam menjalankan kegiatan perusahaan dengan baik dan berdasarkan prosedur dan
proses yang telah diambil.
· Mendorong efisiensi operasional perusahaan.
· Mendukung dilaksanakan GCG (Good Corprate Governance) disemua lini
perusahaan.
Implementasi Sistem Informasi di PT PLN
Batubara
· Sistem informasi pengendalian
cadangan batubara (coal-sys) merupakan sistem informasi yang dibangun oleh PT.
PLN Batubara sebagai anak perusahaan PLN dengan tujuan untuk mengendalikan tata
niaga batubara sejak dari tambang, transportasi darat, proses loading di jetti
muat, transportasi laut sampai dengan proses unloading di jetti bongkar.
Sistem ini juga memberi informasi tentang jumlah cadangan/persediaan batubara
baik di tambang, di jetti muat maupun di jetti bongkar atau di PLTU yang
dituju.
· Sistem penilian kinerja pegawai
(SIM-KP) merupakan sistem informasi yang dibangun oleh PT. PLN Batubara untuk
mengendalikan sumber daya manusia/karyawan yang dimilikinya. Sistem ini
mengatur tentang prosedur penggajian, peniliaian kinerja individu, pembinaan
karir serta perencanaan kebutuhan pengembangan melalui pendidikan dan pelatihan.
· Sistem Informasi Akuntansi merupakan
salah satu sistem informasi manajemen yang dibangun berbasis GL-Magic, dimana
modul-modul yang dibangun memudahkan dan mempercepat proses penyusunan laporan
keuangan yang terdiri dari neraca, laba-rugi, laporan perubahan ekuitas serta
laporan arus kas. Sistem ini dimulai dengan aktivitas input data jurnal secara manual sedangkan proses dan pengklasifikasian
serta pelaporan secara otomatis dihasilkan oleh sistem GL-Magic tersebut.
Dengan sistem ini maka pelaporan keuangan bisa dilakukan secara real-time.
Komentar
Posting Komentar